TIPS DAN TRIK LIBURAN HEMAT MANTAB cara SAYA

iklan murah


Bagi kalian yang suka dengan Traveling atau biasa di sebut Travelers, kalian pernah berfikir gak konsep Jalan2 seperti apa yang kalian terapkan saat melakukan perjalanan kalian? Sebagai pejalan sejati, haruslah kalian tau Tips dan Trik apa yang cocok dan sesuai dengan hobi Traveling kalian ini,

Dengan memiliki konsep Traveling ala kalian masing2, kalian bisa mendapatkan perjalanan yang maksimal dengan budget yang seminimal mungkin. Dan bagi kalian yang belum memiliki konsep dalam perjalanan kalian, kali ini saya akan membagikan Tips dan Trik perjalanan hemat ala saya yang mungkin bisa di jadikan konsep jalan2 kalian untuk perjalanan kalian berikutnya.




1. Riset




Jangan sepelekan riset sebelum Anda berpergian, carilah info sebanyak mungkin tentang obyek wisata yang akan kalian kujnungi, anda bisa mencarinya di blog2 traveling ataupun di forum2 traveling yang banyak di internet.

2. Budget




Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget Traveling anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

3. Gunakan transportasi umum




Jika memungkinkan, Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan traveling anda, selain untuk menghemat biaya pengeluaran, andapun akan lebih leluasa untuk berpindah obyek wisata satu ke yang lain, yang mungkin sulit untuk dilalui kendaraan pribadi tanpa harus memikirkan kendaraan anda.

4. Gunakan kereta atau bus




Apabila anda Backpacker sejati, Anda dapat memilih opsi ini. Dari pada menggunakan pesawat, lebih baik Anda menggunakan kereta atau bus yang biasanya lebih murah dari tiket pesawat. Dengan menggunakan kereta/bus, Anda sekaligus dapat menikmati pemandangan di luar sana.

5. Hindari paket wisata jika memungkinkan




Paket tur terkadang hanya melelahkan dibanding menyenangkan, karena jatah waktu untuk menjelajahi sebuah objek wisata seringkali dibatasi, sehingga terkadang kita merasa kurang puas. Untuk itu, sewalah kendaraan lokal untuk menjelajahi lingkungan tempat Anda berada, contohnya seperti sepeda, sepeda motor, atau angkot.

6. Perjalanan malam




Dengan memulai perjalanan pada malam hari, Anda dapat tidur di dalam kereta/bus malam, sekaligus untuk menghemat biaya menginap. Efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam.

7. Fleksibel terhadap waktu keberangkatan




Untuk tiket transportasi biasanya lebih murah apabila kita berangkat/pulang di hari kerja dari pada saat akhir pekan atau long weekend. Selain lebih murah, perjalanan anda juga akan terhindar dari kemamacetan dan tentunya akan menghemat waktu.

8. Gunakan kaki jika masih memungkinkan




Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan Anda dengan berjalan kaki, oleh karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin Anda datangi, karena jika ingin berpindah dari Obyek wisata satu ke yang lain tidak memerlukan biaya lagi.

9. Cari penginapan murah yang layak




Pada opsi ini, anda dapat memanfaatkan situs internet yang menyediakan referensi penginapan atau hotel murah yang tentunya dekat dengan obyek wisata yang akan kalian kunjungi, dan biasanya akan ada diskon atau potongan harga pada setiap akhir bulan.

10. Bawalah makanan & botol air minum dari rumah




Bawalah bekal dari rumah, anda bisa membawa makanan dan minuman yang mudah dibawa dan tidak mengganggu perjalanan anda, seperti roti, snack, minuman sereal dan air mineral yang nantinya akan menghemat pengeluaran Anda.

11. Belanja makanan dan minuman di minimarket




Jika terpaksa tidak membawa bekal sendiri, Belilah cemilan atau bahan makanan serta air mineral di minimarket, karna harganya akan jauh lebih efisien ketimbang kita membeli di tempat wisata. sekarang sudah banyak berdiri minimarket2 di kawasan obyek wisata yang ada di Indoesia.

12. Makanlah di kaki lima




Jangan menjadi orang yang manja saat melakukan perjalanan/Traveling, terutama untuk urusan perut, kalian bisa membeli makanan2 murah di warung2 atau Kaki lima ataupun Lesehan yang pastinya banyak tersedia di  sekitar kawasan tempat2 wisata. Itu akan lebih menghemat biaya Traveling anda.

13. Manfaatkan internet




Dalam dunia Traveling peran Internet amatlah besar, karena dengan Internet kalian bisa mencari Info seputar tempat wisata yang akan/sedang kalian kunjung, juga bisa mencari referensi tempat2 menarik lainnya yang ada di sekitaran tujuan anda sekarang.

14. Cari info objek wisata gratis




Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Biasanya tempat2 tersebut tidak jauh dari tepat wisata utama. Tanyakan kepada penduduk lokal, Atau Googling dan mencari info mengenai hal ini, karena akan menghemat uang Anda cukup besa

15. Prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi




Seringkali objek wisata terkenal menetapkan tarif masuk yang tinggi. Tidak ada salahnya apabila Anda amat ingin mendatangi objek wisata tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah mengimbanginya sesuai dengan budget jalan-jalan Anda. Dan lakukan sesuai Intenari yang sudah kalian buat sebelumnya.


16. Hindari tourist spot sebisa mungkin




Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan membawa sendiri bekal dari rumah dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain.


17. Membeli Oleh2 dengan bijak




Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah Gantungan kunci, Hiasan rumah, T-Shirt, Cemilan tradisional. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan lokalitas daerah setempat, karena itu akan sangat bermakna untuk orang2 yang menerimanya.

18. Belilah oleh-oleh di pasar tradisional




Menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian menawar terbaik Anda dan Anda tidak akan menyesal. Tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai Anda menawar keterlaluan karena itu sangat tidak di anjurkan.

Note Tambahan :


Jangan kelewat murahan ataupun keterlaluan dalam berhemat, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal. Jangan lupakan bahwa konsep backpacking adalah “Membeli Pengalaman”.

#di ambil dari berbagai sumber





0 Response to "TIPS DAN TRIK LIBURAN HEMAT MANTAB cara SAYA"

Post a Comment

ad size ad size ad size ad size ad size ad size

Artikel Menarik Lain nya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamu dapat berlangganan dan mendapatkan Artikel Terbaru dari e.com secara GRATIS hanya dengan memasukan alamat email address anda dibawah ini lalu pencet tombol SUBSCRIBE :

Delivered by FeedBurner